Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Negeri Tulungagung Kelas 1B

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tulungagung Kelas 1B

Jl. Jayengkusuma No. 21 Tulungagung Telepon: 0355-321645 Fax: 0355-327068

e-mail : pn.tulungagung[at]pn-tulungagung.go.id, e-mail delegasi: delegasi[at]pn-tulungagung.go.id

TilangDelegasiSIPPPengaduanE-Court


Sesuai PERMA No. 12 Tahun 2016 tentang tatacara penyelesaian pelanggaran perkara lalulintas Pengadilan Negeri Tulungagung memberikan pelayanan sidang tilang secara capat, sederhana, dan biaya ringan.


1. Pelanggar tidak perlu lagi mengikuti sidang Tilang di Pengadilan Negeri Tulungagung.
2. Perkara Pelanggaran Lalu Lintas (Tilang) diputus setiap hari Jum'at jam 08.00 WIB.
3. Untuk mengetahui denda Perkara Pelanggaran Lalu Lintas (Tilang), Pengadilan Negeri Tulungagung memberikan kemudahan pelayanan yaitu antara lain:
- Pelanggar melihat besaran denda Perkara Pelanggaran Lalu Lintas (Tilang) di papan pengumuman kantor Pengadilan Negeri Tulungagung.
- Pelanggar cukup mengetikan Nomor Polisi Kendaraan / NOMOR SERI TILANG pada lembar tilang, difasilitas pencarian pada aplikasi SIPP di alamat http://sipp.pn-tulungagung.go.id pada menu Pidana >> Perkara Lalu Lintas.
- Melalui pesan singkat/sms dengan cara ketik : INFO#TILANG#NOMORTILANGANDA kirim ke sms center Pengadilan Negeri Tulungagung : 0856 3399 474. contoh : INFO#TILANG#123456 kirim ke 0856 3399 474 Pembayaran denda Perkara Pelanggaran Lalu Lintas (Tilang) dan pengambilan barang bukti dilakukan di kantor Kejaksaan Negeri Tulungagung.
4. Denda Tilang yang dibayarkan akan disetorkan ke kas negara sebagai pendapatan Negara Bukan Pajak.

 
 
tilang perma12
 

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

  • KETUA KAMAR AGAMA MAHKAMAH AGUNG PIMPIN WISUDA PURNABAKTI KETUA MAHKAMAH SYARIYAH ACEH
    Senin, 23 September 2019 11:54 WIB.
    Banda Aceh " Humas : Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Dr. H. Amran Suadi,SH.,MH.,MM, memimpin wisuda purnabakti Ketua Mahkamah Syariyah Aceh Drs. H. M. Jamil Ibrahim, SH., MH.,M.M pada hari Senin, 23/9/2019 bertempat di gedung Pengadilan Mahkamah Syatiyah Aceh. Dalam sambutan Ketua Mahkamah Agung, yang dibacakan oleh Ketua Kamar Agama, Hakim tinggi dengan jabatan Ketua Pengadilan Tinggi adalah karier seorang Hakim yang tertinggi pada judex facti seperti yang diraih oleh Ketua Mahkamah Syariyah Aceh Bapak Drs. H. M. Jamil Ibrahim, SH., MH.,M.M. tidak semua hakim (Hakim Tinggi pada lingkungan peradilan agama) bisa menjadi Ketua Mahkamah Syariyah kerena terbatasnya jumlah kursi jabatan tersebut. Oleh sebab itu suatu hal yang membanggakan dan merupakan suatu penghargaan jabatan, bila seorang Ketua Mahkamah Syariyah dapat selamat sampai pada akhir masa jabatannya. Perjalan karir Drs. H. M. Jamil Ibrahim, SH., MH.,M.M , kurang lebih selama 40 tahun 7 bulan pada lembaga peradilan, diawali sebagai CPNS di Mahkamah Syariyah Sigli, kemudian pernah menjabat sebagai ketua Mahkamah Syar;iyah Sigli, beberapa pengadilan pengadilan tingkat banding, terakhir diujung pengabdiannya menjabat sebagai Ketua Mahkamah Syariyah Aceh. Drs. H. M. Jamil Ibrahim, SH., MH.,M.M adalah sosok orang yang ulet, dengan gayanya yang luwes dalam pergaulan. Keteguhannya dan ketegasannya dalam memimpin. Sifat dan gaya itu juga terbawa saat beliau menjadi pimpinan dibeberapa pengadilan sebelumnya dan saya yakin sifat itu juga sampai sekarang ada pada beliau, tutur, Ketua Kamar Agama. Acara purnabakti ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Ketua Mahkamah Syariyah Aceh, Ketua Pengadilan Tinggi Aceh, Wakil Ketua Mahkamah Syar;iyah Aceh serta para undangan lainnya. Diakhir sambutannya ketua Kamar Agama mengatakan bahwa rutinitas sebagai hakim untuk memeriksa dan memutus perkara telah berakhir, namun tugas kepada keluarga, masyarakat dan negara tidak akan berakhir, oleh karena itu sebagai anggota korp Hakim dan warga peradilan saya harap agar tetap terjalin komunikasi dan tali silaturahmi dengan insan jajaran peradilan dan Mahkamah Agung. (humas)
    | Selengkapnya |
  • PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN PANITERA MUDA PERDATA DAN PANITERA PENGGANTI PADA MAHKAMAH AGUNG RI
    Jumat, 20 September 2019 13:45 WIB.
    Jakarta - Humas MA: Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH., melantik 17 Panitera yang terdiri dari 1 Panitera Muda Perdata dan 16 panitera pengganti pada Mahkamah Agung RI di ruang Kusumah Atmadja Gedung Mahkamah Agung lantai 14 pada hari Jumat, 20 September 2019 pukul 09:30 WIB. Berikut adalah nama-nama yang dilantik: H. Cakra Alam , SH.,MH Sebagai Panitera Muda Perdata pada Mahkamah Agung RI M. Nur Syafiuddin, S.Ag.,MH Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Reni Hidayati , S.Ag, SH.,M.H.I Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Boyke B.S Napitupulu, SE.,SH Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Ahsan Dawi SH.,S.H.I.,M.S.I Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Andri Purwanto SH.,MH Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Nurjamal SH.,MH Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Wiryatmo Lukito Totok, SH.,MH Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Laurenz Stephanus Tampubolon , SH Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Saiful, S.Ag., MH Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Sunardi SH Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Rudie, SH.,MH Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Latifah Setyawati, SH.,M.Hum Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Pranata Subhan, SH.,MH Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Andi Muhammad Yusuf Bakri, S. H. I., MH Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Muhammad Fadhly Ase, S.H.I., M.Sy Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI Adil Fakhru Roza S.H.I., MH Sebagai Panitera Pengganti pada Mahkamah Agung RI (Humas)
    | Selengkapnya |
  • YANG MULIA HAKIM AGUNG MARGONO BERPULANG
    Jumat, 20 September 2019 10:40 WIB.
    Jakarta " Humas MA: Mahkamah Agung Republik Indonesia berduka, salah satu putra terbaiknya, Yang Mulia Hakim Agung Dr. MARGONO, S.H., M.Hum., M.M. wafat pada hari Jumat, 20 September 2019 pukul 01 dini hari di rumah sakit Harapan Kita, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Pria kelahiran Banjarnegara, 10 Januari 1951 ini mengawali karirnya sebagai staf pada Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada tahun 1985. Karir sebagai hakimnya dimulai pada tahun 1987 di Pengadilan Negeri Muara Taweh. Sama seperti hakim yang lain, Dr. Margono pun berpindah-pindah dari satu pengadilan ke pengadilan lain, antara lain, Pengadilan Negeri Balikpapan dan Pengadilan Negeri Ternate. Beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong dan menjadi Ketua pada Pengadilan Negeri Sangata dan Ketua pada Pengadilan Negeri Limboto. Sebelum dilantik menjadi Hakim Agung pada 18 Februari 2013, Dr. Margono bertugas sebagai hakim tinggi di Pengadilan Tinggi Mataram (2008) dan Pengadilan Tinggi Makassar (2010). Selamat jalan Yang Mulia, semoga amal baik Yang Mulia diterima oleh Allah SWT dan menjadi jalan penerang menuju surga. (azh/RS)
    | Selengkapnya |
  • 15 KETUA DHARMAYUKTI KARINI PROVINSI MELAKUKAN SERAH TERIMA JABATAN DI HADAPAN KETUA UMUM DHARMAYUKTI
    Kamis, 19 September 2019 16:30 WIB.
    Jakarta " Humas: Setelah acara pelantikan dua puluh lima Ketua pengadilan Tingkat Banding oleh Ketua Mahkamah Agung, pada hari yang sama sebanyak lima belas Ketua Dharma Yukti Karini (DYK) Provinsi melakukan serah terima Jabatan di hadapan Ketua Umum Dharmayukti Karini, Hj. Andy Rosdiati Hatta Ali. kelima belas DYK Provinsi tersebut terdiri atas: Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan Barat, Jawa Barat, Jambi, Sulawesi Utara, Bengkulu, Bali, Lampung, Sulawesi Tenggara, Maluku, Riau dan Riau Kepulauan, Sumatera Utara, Papua dan Papua Barat dan Gorontalo, pada hari Kamis, 19/9/2019, bertempat di gedung tower Mahkamah Agung lantai dua. Dalam sambutannya Ketua Umum Dharmayukti Karini mengatakan bahwa Mengelola organisasi yang anggotanya para ibu dengan berbagai latar belakang budaya dan latar belakang Pendidikan, tidaklah mudah. Kita tidak memerlukan pimpinan yang memiliki kecerdasan pengetahuan yang tinggi tetapi kurang memiliki kecerdasan emosional. Kita lebih memerlukan pimpinan yang bisa memahami perbedaan, yang bisa menghargai setiap potensi yang dimiliki oleh anggotanya sehingga hadir sosok orang yang dapat mempersatukan orang dari berbagai latar belakang. Oleh karena itu, saya titip pesan kepada para Ketua DYK Provinsi, bekerjasamalah secara baik dengan semua teman yang ada di wilayah ibu-ibu. Jangan segan untuk menyapa dan meminta dukungan secara langsung kepada para pelindung Dharmayukti Karini di tingkat cabang. Karena dukungan para pelindung di tingkat cabang inilah yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan Dharmayukti Karini. Acara serah terima jabatan Ketua Dharmayukti Karini Provinsi dihadiri oleh pengurus Dharmayukti Karini pusat, pengurus Dharmayukti Karini Cabang Mahkamah Agung, serta para undangan lainnya. Diakhir sambutan Ketua Umum DYK mengutarakan, Mari kita berupaya bersama untuk membuat jati diri Dharmayukti Karini semakin kuat. Tunjukkan keberadaan kita dengan cara-cara yang santun dan bermanfaat. Lakukan program kerja yang membuat orang di sekitar kita mengetahui bahwa Dharmayukti Karini ada untuk kebaikan keluarga besar warga pengadilan. Kegiatan seperti program BDBS (Bantuan Dana Bea Siswa), program kitanan masal, program penyuluhan kesehatan dan sebagainya merupakan hal yang mudah dirasakan manfaatnya. Hindari pelaksanaan program kerja yang menimbulkan kesan hura-hura, mengganggu nama baik lembaga peradilan. Dengan cara ini Dharmayukti Karini akan lebih banyak mendapat simpati. Saya percaya kita semua bisa. Mari kita mulai dari diri kita. (humas)
    | Selengkapnya |
  • KETUA MA LANTIK 2 DIREKTUR JENDERAL PADA MAHKAMAH AGUNG DAN 25 KETUA PENGADILAN TINGKAT BANDING
    Kamis, 19 September 2019 16:16 WIB.
    Jakarta - Humas MA: Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH., melantik 2 (dua) Direktur Jenderal yaitu Direktur Jenderal Peradilan Umum dan Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara di ruang Kusumah Atmadja Gedung Mahkamah Agung lantai 14 pada Kamis, 19 September 2019 pukul 10:00 WIB. Pada kesempatan tersebut Ketua Mahkamah Agung juga akan melantik 25 (dua puluh lima) Ketua Pengadilan Tingkat Banding yang terdiri atas 15 (lima belas) orang sebagai Ketua Pengadilan Tinggi, dan 10 (sepuluh) orang sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama. Pelantikan Direktur Jenderal ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 106/TPA Tahun 2019 Tanggal 28 Agustus 2019, sedangkan untuk pelantikan Ketua Pengadilan Tingkat Banding berdasarkan 2 (dua) Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung, yaitu: Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor: 126/KMA/SK/VIII/2019 Tanggal 8 Agustus 2019, dan 136/KMA/SK/VIII/2019 Tanggal 29 Agustus 2019. Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung mengatakan bahwa pengambilan sumpah jabatan bukanlah seremonial dan aturan kepegawaian semata, namun pengambilan sumpah adalah ikrar kepada Tuhan yang Maha Esa bahwa saudara akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Lafaz sumpah tersebut harus diresapi dalam hati dan dilaksanakan dalam perbuatan, karena pada waktunya kelak saudara-saudara akan diminta pertanggungjawaban atas apa yang telah diikrarkan, tegas Prof. Hatta di hadapan para pejabat yang dilantik. Terakhir Prof. Hatta menyampaikan selamat kepada semua yang dilantik, dan berharap semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa melimpahkan lindungan dan tuntunannya kepada semua pejabat yang telah dilantik. Berikut adalah nama-nama yang dilantik: Dr. Prim Haryadi, SH., MH. sebagai Direktur Jenderal Peradilan Umum jabatan sebelumnya adalah Panitera Muda Perdata Mahkamah Agung Lulik Tri Cahyaningrum, SH., MH sebagai Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan TUN jabatan sebelumnya adalah Direktur Pembinaan Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara Ditjen Badimiltun Sedangkan untuk pejabat yang dilantik menjadi Ketua Pengadilan Tinggi adalah: Sunaryo, SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta jabatan sebelumnya Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Syahrial Sidik, SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Makassar jabatan sebelumnya yaitu Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta H. Abdul Kadir, SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Bandung jabatan sebelumnya adalah Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Dr. H. Herri Swantoro, SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya jabatan sebelumnya adalah Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dr. Robinson Tarigan, SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Jambi jabatan sebelumnya adalah Ketua Pengadilan Tinggi Manado H. Arif Supratman, SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Manado jabatan sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung Dr. Moh. Eka Kartika E.M, SH., M.Hum. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu jabatan sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru Zaid Umar Bobsaid, SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar jabatan sebelumnya adalah Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang H. Charis Mardiyanto, SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang jabatan sebelumnya adalah Ketua Pengadilan Tinggi Kendari Respatun Wisnu Wardoyo, SH. Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Kendari jabatan sebelumnya adalah Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Dr. H. Zainuddin, SH., M.Hum. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Ambon jabatan sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Mataram Dr. H. Cicut Sutiarso, SH., M.Hum. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru jabatan sebelumnya adalah Ketua Pengadilan Tinggi Medan Setyawan Hartono, SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Medan jabatan sebelumnya adalah Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura Heru Pramono, SH., M.Hum. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura jabatan sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin Syafrullah Sumar, SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Gorontralo jabatan sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Banten Adapun para pejabat yang dilantik menjadi Ketua Pengadilan Tinggi Agama adalah: Dr. H. Harun S., SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru jabatan sebelumnya adalah Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara Dr. H. Samparaja, SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara jabatan sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Dr. Hj. Umi Kulsum, SH. MH sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung jabatan sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, SH., MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak jabatan sebelumnya adalah Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Drs. H. Helmy Thohir, MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura jabatan sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Drs. H. Ahsin Abdul Hamid, SH. Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang jabatan sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Dr. H. Abd. Hamid Pulungan, SH., MH sebagai Ketua Pengadilan Syariyah Aceh jabatan sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi Drs. H. M. Alwi Mallo, MH. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram jabatan sebelumnya adalah Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado H. Cholidul Azhar, SH., M.Hum. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado jabatan sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar Drs. H. Ibrahim Kardi, SH., M.Hum. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo jabatan sebelumnya adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Acara pelantikan dihadiri oleh jajaran Pimpinan Mahkamah Agung, Ketua Mahkamah Konstitusi, para hakim agung, para Pejabat Eselon 1-2 pada Mahkamah Agung, serta undangan lainnya. Pada kesempatan yang sama, diselenggarakan juga acara serah terima jabatan dari pejabat yang lama ke pejabat yang baru dilantik. (azh/RS)
    | Selengkapnya |
  • Berita Terbaru Badan Peradilan Umum

  • SURAT PERMOHONAN MAAF ATAS TINDAKAN MEREKAYASA DAN MENYEBARLUASKAN BERITA PALSU (HOAX) TENTANG HASIL TPM HAKIM 8 AGUSTUS 2019
    Jumat, 09 Agustus 2019
    Lampiran FileDescriptionFile sizeDownloads SURAT PERNYATAAN PERMOHONAN MAAF.pdf 32 kB2702
    Selengkapnya
  • PEMANGGILAN PESERTA BIMBINGAN TEKNIS SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA (SIPP) 3.2.0.-6 UNTUK WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI MAKASSAR DAN SEKITARNYA TAHUN ANGGARAN 2019
    Kamis, 08 Agustus 2019
    Pemanggilan Peserta Bimbingan Teknis Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) 3.2.0.-6 untuk Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Makassar dan Sekitarnya Tahun Anggaran 2019 Lampiran FileDescriptionFile sizeDownloads Jadwal Acara Bimtek Makassar 2019.pdf 132 kB257 SK Peserta Bimtek SIPP Makassar 2019.pdf 1233 kB576 ST Peserta Bimtek SIPP Makassar 2019.pdf 979 kB419 Surat Undangan Bimtek Makasssar 2019.pdf 516 kB337
    Selengkapnya
  • PENINGKATAN KUALITAS TENAGA TEKNIS BAGI JURUSITA
    Selasa, 06 Agustus 2019
    Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.A.R.I menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis bagi Jurusita pada tanggal 31 Juli s.d. 2 Agustus 2019. Acara dilaksanakan di Prime Plaza Hotel Sanur " Bali di Kota Denpasar dan dibuka secara bersamaan dengan kegiatan Penyusunan Pagu Indikatif DIPA 03 T.A. 2020 di Lingkungan Peradilan Umum oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Bapak Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. kegiatan diikuti oleh 41 peserta Jurusita / Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Denpasar dan Pengadilan Tinggi Mataram dengan Narasumber  Dr. Haswandi, S.H., S.E., M.Hum., MM. (Direktur Binganis), H. Adi Wahyono, S.H., M.Hum (Panitera PT Kupang), Yan Witra, S.H., M.H. (Panitera PN Tanggerang) dan Tavip Dwi Jatmiko, S.H., M.H. (Panitera PN Jakbar) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis para Jurusita / Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri dalam melaksanakan tugas sehari-hari, kegiatan ditutup oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Bapak Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. dengan menekankan pentingnya profesionalitas dan kedisiplinan diri yang tinggi dalam menjalankan tugas. (TPU)
    Selengkapnya
  • PEMBAHASAN ROADMAP SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA
    Rabu, 24 Juli 2019
    Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.A.R.I menyelenggarakan Kegiatan Pembahasan Roadmap Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Tahun 2019. Acara yang dilaksanakan di Hotel Rocky Bukittinggi pada tanggal 16 s.d. 18 Juli 2019 dibuka oleh Direktur Jenderal Badilum, Dr. H. Herri Swantoro, S.H., M.H dan diikuti oleh 45 orang peserta yang ditunjuk. Berbagai masukan dan rencana pengembangan dalam roadmap diharapkan akan menjadikan SIPP semakin mudah untuk diimplementasikan, termasuk mengenai penggunaan tanda tangan elektronik dalam setiap template yang ada. Dengan penyusunan roadmap diharapkan pengembangan SIPP dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan waktu yang ditentukan, ungkap Dirjen Badilum ketika membuka acara. Hal yang sama juga diungkapkan kembali oleh Zahlisa Vitalita, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum ketika menutup acara, karena pengembangan SIPP yang baik dan terencana akan dapat menjadi sarana percepatan terwujudnya badan peradilan yang agung. (SEG)
    Selengkapnya
  • EVALUASI KINERJA MELALUI TELECONFERENCE
    Rabu, 10 Juli 2019
    Jakarta, 10 Juli 2019, Dalam rangka efektifitas pelayanan dan pembinaan terhadap Pengadilan Tinggi dan satker di bawahnya, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum dalam hal ini Direktur Jenderal dan para pejabat eselon II mengadakan evaluasi kinerja melalui teleconference. Kegiatan dilaksanakan tanggal 9 dan 10 Juli 2019, bertempat di ruang rapat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum lantai 3. Pada tanggal 9 Juli 2019 , teleconference terhadap 3 (tiga) Satker, yaitu PT Jayaputra, PT Surabaya dan PT Pekan Baru. Kemudian dilanjutkan hari Rabu tanggal 10 Juli 2019, teleconference dengan PT Makassar, PT Bengkulu, PT Mataram dan PT Banjarmasin  
    Selengkapnya

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas